Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengusulkan peremajaan empat ambulans puskesmas karena kondisi kendaraan tersebut sudah berusia tua dan sering rusak.
 
"Tahun ini kita tidak ada kegiatan pembelian mobil ambulans, paling kita usulkan peremajaan empat mobil ambulans punya empat puskesmas di APBD perubahan, kalau tidak di APBD 2024," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Senin.
 
Ia mengatakan hingga saat ini terdapat 17 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini. Setiap puskesmas sudah mempunyai satu hingga dua ambulans.
 
Namun, ada empat ambulans milik empat puskesmas di daerah ini yang sudah berusia tua dan sering rusak, yakni di Puskesmas Lalang Luas, Puskesmas Tunggal Jaya, Puskesmas Kota Mukomuko, Puskesmas Retak Mudik.
 
"Empat puskesmas ini butuh peremajaan mobil ambulans guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing," ujarnya.
 
Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun 2022 menambah ambulans untuk dua puskesmas guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah itu.
 
Pemerintah daerah membeli dua ambulans tahun 2022 untuk menambah jumlah mobil ambulans puskesmas di Kecamatan Pondok Suguh dan puskesmas di Kecamatan Penarik.
 
Ia mengatakan pemerintah menambah ambulans untuk dua puskesmas tersebut karena kondisi ambulans yang ada sudah rusak dan buruk.
 
Dengan kondisi ambulans yang ada tersebut, kata dia, menyebabkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama pasien yang dirujuk ke rumah sakit di daerah ini menjadi terkendala.

Selain itu, pihaknya pernah mengusulkan penambahan dua ambulans untuk dua puskesmas tahun 2023, namun usulan penambahan dua mobil ambulans tidak diakomodir dalam APBD tahun ini.

 
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023