Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Wilayah Provinsi Bengkulu menyiapkan sebanyak 16 ton daging kerbau impor untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan 1444 Hijriah.
 
Manager Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Bengkulu Irfan Arfian di Bengkulu, Rabu mengatakan bahwa daging kerbau beku sebanyak 16 ton tersebut diimpor India.
 
"Kami menyiapkan 16 ton daging kerbau impor dari India untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Provinsi Bengkulu selama bulan Ramadhan," kata dia.
 
Selain itu, penyediaan daging impor tersebut dilakukan juga untuk menjaga stabilitas harga daging di pasar Bengkulu menjelang bulan Ramadhan dan Perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
Arfian menjelaskan bahwa daging kerbau beku asal India tersebut masih dalam perjalanan dan akan tiba di Bengkulu dalam waktu dekat.
 
Penyediaan 16 ton daging beku tersebut diprediksi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Bengkulu seperti tahun sebelumnya.
 
Untuk harga daging beku tersebut, masyarakat dapat membelinya dengan harga Rp80 ribu per kilogram dan akan dijual langsung kepada konsumen tanpa pihak ketiga.
 
"Dalam proses distribusi kami akan menjual langsung ke konsumen tanpa pihak ketiga seperti Rumah Pangan Kita (RPK) yang merupakan toko binaan," sebutnya.
 
Sebelumnya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu menjamin ketersediaan daging sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut selama bulan Ramadhan.
 
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu M. Syarkawi mengatakan bahwa saat ini Bengkulu telah terbebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
 
"Saat ini Provinsi Bengkulu telah masuk dalam wilayah yang telah terbebas dari penyakit mulut dan kuku dan kami menjamin stok sapi potong dapat memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Syarkawi.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023