Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menyiapkan anggaran sebesar Rp2,3 miliar untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak dalam 66 desa di wilayah itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Rejang Lebong Suradi Rifai di Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Rabu, mengatakan bahwa rencana pilkades serentak di 66 desa pada tanggal 21 Juni 2023 tersebar di 13 dari 15 kecamatan.

Suradi Rifai menyebutkan anggaran yang sudah ada dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong 2023 sebesar Rp2,3 miliar.

"Anggaran ini untuk pembelian ATK, sewa tenda, honor petugas, pengadaan logistik berupa surat suara, kota suara, dan lainnya," kata dia.

Dengan adanya anggaran tersebut, kata dia, pendaftaran peserta yang akan mengikuti pilkades di masing-masing desa tidak ada pungutan biaya atau gratis.

Pilkades akan dilaksanakan selama 1 hari, pada tanggal 21 Juni 2023, kemudian pada tanggal 21 Agustus calon kepala desa terpilih sudah dilantik oleh bupati setempat.

Suradi mengatakan bahwa tahapan pilkades serentak saat ini sudah selesai pembentukan panitia tingkat kabupaten, sedangkan pembentukan panitia tingkat desa saat ini masih berlangsung.

Pada tanggal 6 Maret 2023, pihaknya akan melakukan rapat pada tim kabupaten guna melaksanakan tahapan pilkades selanjutnya.

Ia menyebutkan sejumlah desa yang menggelar pilkades, yakni lima desa di Kecamatan Curup Utara, dua desa di Kecamatan Curup Timur, lima desa di Kecamatan Curup Selatan. Selanjutnya empat desa di Kecamatan Sindang Beliti Ulu, dan dua desa di Kecamatan Binduriang.

Berikutnya lima desa di Kecamatan Sindang Beliti Ilir, delapan desa di Kecamatan Selupu Rejang, empat desa di Kecamatan Bermani Ulu, enam desa di Kecamatan Bermani Ulu Raya, dan lima desa di Kecamatan Sindang Kelingi.

Disebutkan pula bahwa di Kecamatan Sindang Dataran ada lima desa, kemudian dua desa di Kecamatan Kota Padang serta 10 desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023