Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak daerah pada tahun 2023 sebesar Rp16,9 miliar, atau lebih tinggi dari target 2022 sebesar Rp14,3 miliar.
 
Kepala Bidang Pendapatan I BKD.Kabupaten Mukomuko, Deftri Maulana di Mukomuko, Kamis, menyebutkan target PAD dari sektor pajak tahun ini lebih tinggi dibandingkan sebelumnya karena pengaruh peningkatan pendapatan dari pajak tahun 2022.
 
"Realisasi pajak daerah tahun 2022 mencapai Rp22,6 miliar atau 158 persen dari target pendapatan pajak daerah sebesar Rp14,3 miliar," ujarnya.
 
Ia menyebutkan sebanyak 11 jenis pajak daerah  yang menyumbangkan pendapatan di daerah ini, yakni Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan dan Pajak Parkir.
 
Kemudian Pajak Air Tanah, Pajak Sarang Burung Walet, Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan.
 
Ia optimistis realisasi PAD dari  11 pajak daerah ini pada tahun 2023 dapat mencapai target yang ditetapkan sebesar Rp16,3 miliar.
 
Ia menyatakan instansinya tahun ini tetap melibatkan pihak kepolisian dan Kejaksaan Negeri setempat untuk mengoptimalkan dan meningkatkan penerimaan pendapatan asli daerah dari pajak serta retribusi daerah.
 
"Kami membentuk tim intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah ini yang melibatkan aparat penegak hukum dari kepolisian resor setempat dan Kejaksaan Negeri," ujarnya.
 
Selain itu, sejumlah petugas terutama dari bidang pendapatan I selama ini akan gencar turun untuk melakukan pengawasan kegiatan dan aktivitas pelaku usaha yang menjadi objek pajak.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023