Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2014 menargetkan pendapatan asli daerah dari pemeriksaan kendaraan bermotor atau kir sebesar Rp600 juta.

"Target pendapatan asli daerah (PAD) dari pemeriksaan kendaraan bermotor (PKB) Rp600 juta," kata Kabid Keuangan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Ibnu Hadi, di Mukomuko, Senin.

Namun, katanya, dari target PAD sebesar itu yang telah terealisasi pada triwulan tiga periode bulan Januari hingga September 2014 baru sebesar Rp104 juta.  

Menurutnya, target PAD yang ditetapkan dari PKB itu terlalu besar, sehingga sulit bagi instansi itu untuk mencapainya dalam satu tahun.

Ia mengatakan, pencapaian PAD dari PKB masih jauh dari target, karena yang menetapkan PAD tersebut bukan instansi itu, melainkan Dinas Pendapatan, Kekayaan, dan Aset Daerah setempat.

Untuk tahun selanjutnya, katanya, instansi itu yang akan mengusulkan besaran target PAD dari PKB agar sesuai dengan kondisi dan jumlah kendaraan yang melakukan uji kir.

Kabid Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko Aman Setiawan mengatakan idealnya target PAD dari PKB sekitar Rp200 juta.

Menurutnya, jika target PAD sebesar itu, kemungkinan masih dapat dicapai. Sesuai dengan jumlah kendaraan yang melakukan pemeriksaan selama satu tahun.

Kendati demikian, lanjutnya, kesadaran warga setempat melakukan pengujian kendaraan semakin besar. Bahkan banyak juga kendaraan dari luar yang melakukan pengujian di daerah itu.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014