Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 21 perusahaan akan mengikuti bursa kerja atau job fair yang akan digelar di wilayah itu.

"Saat ini sudah ada 21 perusahaan swasta yang akan mengikuti job fair di Kabupaten Rejang Lebong yang akan kita laksanakan tanggal 14 Maret 2023 nanti bertempat di Gedung Adam Futsal Kecamatan Curup Tengah," kata Kepala Disnakertrans Rejang Lebong, Syamsir di Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan peserta yang akan mengikuti bursa kerja tersebut berasal dari perguruan tinggi swasta, rumah sakit swasta, BUMD, dan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, keuangan dan lainnya baik lokal, regional serta nasional.

Pelaksanaan bursa kerja tersebut dilaksanakan  bekerja sama dengan pusat pasar kerja Indonesia, di mana pencari kerja yang mengikutinya tidak dipungut biaya atau gratis.

Sejauh ini persiapan yang dilakukan, kata dia, sudah rampung semuanya dan tinggal menunggu pelaksanaan kegiatan yang akan dibuka oleh bupati setempat.

Dia mengimbau kalangan pencari kerja yang ada di Kabupaten Rejang Lebong agar bisa datang ke lokasi bursa kerja ini sehingga bisa melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan sesuai dengan ijazah masing-masing.

Kalangan pencari kerja yang akan mengikuti bursa kerja ini, tambah dia, harus mempersiapkan berkas lamaran umum dengan menyertakan persyaratan seperti foto kopi KTP, Kartu Keluarga (KK), ijazah, pas foto, dan amplop berkas lamaran.

"Untuk persyaratan dan kualifikasi pekerjaan lebih lengkap lagi, para pencari kerja agar dapat mengunjungi stan-stan perusahaan atau pemberi kerja di pameran kesempatan kerja atau job fair yang kita laksanakan," terangnya.

Selain itu dia juga mengingatkan para pencari kerja ini harus terdaftar di akun SIAPKerja Kemnaker RI. Untuk pendaftarannya pencari kerja bisa melakukannya di website; siapkerja.kemnaker.go.id. Aplikasi SIAPKerja ini dapat di download di Playstore/Appstore handphone masing-masing atau dapat dilakukan di tempat pelaksanaan bursa kerja.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023