Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiapkan lahan seluas tiga hektare untuk lokasi pembangunan taman makam pahlawan di daerah itu.

"Lahan sudah siap seluas tiga hektare. Saat ini dalam proses pembuatan sertifikat," kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Mukomuko, Hariyadi Nazar, melalui Kabid Sosial Suyoso, di Mukomuko, Selasa.

Dijelaskan bahwa Dinas Sosial telah berkoordinasi dengan bagian administrasi pemerintahan pemerintah setempat agar kekurangan persyaratan dilengkapi sehingga proses pembuatan sertifikat dapat berjalan dengan lancar.

Kepala dinas berharap, tidak terulang lagi peristiwa lama, anggaran yang diusulkan untuk pembangunan makam pahlawan ke pusat sudah disetujui tetapi lahan untuk itu belum siap.  

Karena, menurutnya, rencana pembangunan taman makam pahlawan itu sudah sering diusulkan instansi itu ke pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial.

Persyaratan yang belum lengkap waktu itu, sebutnya, sertifikat lahan untuk makam pahlawan yang harus atas nama pemerintah kabupaten.

Usulan pembangunan makam pahlawan ke pusat tahun ini semua kekurangan itu dilengkapi, seperti sertifikat lahan seluas tiga hektare atas nama pemerintah setempat.

Hariyadi Nazar berharap, tidak ada lagi kekurangan sehingga pembangunan makam pahlawan menggunakan anggaran dari pemerintah pusat dapat teralisasi secepatnya.

Terkait waktu peringatan hari pahlawan yang tinggal sebentar lagi, ia mengatakan, daeran itu tetap mempersiapkan pelaksanaan upacaranya.

Selain itu, lanjutnya, dalam peringatan hari pahlawan disertai pemberian penghargaan kepada puluhan veteran di daerah setempat.

Sekitar 45 orang pahlawan dari daerah itu yang turut berjuang dan berperang pada merebut Kemerdekaan RI, tambahnya. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014