Masyarakat Bengkulu menyerbu bazar murah yang menyediakan berbagai bahan pokok seperti beras, cabai, minyak goreng, ayam potong, daging sapi bawang merah, bawang putih, gula, telur dan lainnya dengan harga yang lebih murah.
 
Bazar murah tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia, untuk perbedaan harga bazar murah dan harga di pasar pasar sekitar Rp5 ribu.
 
"Bazar murah yang dilaksanakan oleh pemerintah sangat membantu kami warga Bengkulu dalam menyambut Ramadhan," kata salah seorang warga Kelurahan Anggut Bawah, Yuli di Kota Bengkulu, Selasa.
 
Ia berharap agar pemerintah dapat melaksanakan bazar murah selama Ramadhan, sebab dapat membantu masyarakat di tengah naiknya harga komoditi pangan di pasar saat Ramadhan dan jelang Idul Fitri.

Untuk harga komoditas pangan yang dijual pada bazar murah yaitu cabai Rp30 ribu per kilogram, daging ayam Rp27 ribu kg, daging sapi Rp125 ribu per kg, daging beku yaitu Rp80 ribu kg,
 
Kemudian minyak goreng jenis MinyaKita Rp14 ribu per liter, telur ayam Rp50 ribu per karpet, bawang merah Rp30 ribu per kg, bawang putih Rp36 ribu per kg dan beras medium Rp130 ribu kg.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bengkulu Yenita Syaiful mengatakan bahwa untuk pelaksanaan bazar murah di Kota Bengkulu juga akan dilakukan pada 9 April 2023 di Kelurahan Panorama.
 
"Untuk harga komoditas pangan yang dijual pada bazar murah yang dilakukan di Kota Bengkulu semua dijual dengan harga normal, dan selisih harganya sampai Rp10 ribu," ujarnya.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Deputi Kepala Perwakilan Tim Perumusan dan Implementasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah BI Bengkulu Dhita Aditya Nugraha bahwa harga yang dijual tersebut adalah komoditas yang berdampak pada inflasi.
 
"Para pelaku usaha siap mendukung pelaksanaan Bazar Ramadan melalui penyediaan komoditas dengan harga jual di bawah harga pasar. Sehingga bazar ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau menjelang Lebaran," terangnya.
 
Ia berharap, dengan adanya pelaksanaan bazar murah di wilayah Bengkulu dapat meningkatkan konsumsi masyarakat jelang Ramadhan 1444 Hijriah agar tidak berdampak pada tingginya inflasi.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023