Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menggelar kegiatan Safari Ramadhan 1444 Hijriah sebagai bagian silaturahim dengan masyarakat sekaligus untuk mensosialisasikan program pembangunan di daerah ini.
 
Kegiatan Safari Ramadhan 1444 Hijriah akan digelar selama lima hari pada 5-10 April 2023 di 15 lokasi masjid dan mushalla yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.
 
"Alhamdulillah, dari hasil rapat membahas Safari Ramadhan, kita bentuk tiga tim, atau lebih banyak dari tim Safari Ramadhan tahun sebelumnya yang hanya dua tim," kata Kabag Kesra Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko Amri Kurniadi di Mukomuko, Selasa.
 
Ia menyebutkan, tiga tim ini terdiri atas tim satu meliputi kepala organisasi perangkat daerah dan bupati, tim dua meliputi para sekretaris di organisasi perangkat daerah, dan tim tiga meliputi para kepala bidang.
 
Ia mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan 1444 Hijriah berbeda dengan Safari Ramadhan yang digelar tahun sebelumnya.
 
"Kalau dulu kita sampai ke lokasi Safari Ramadhan pada Maghrib lalu dilanjutkan dengan berbuka bersama, kini seluruh anggota tim harus hadir di lokasi sebelum shalat Ashar," ujarnya.
 
Dengan demikian, kata dia, tim ini bisa lebih cepat memulai kegiatan dialog dengan masyarakat dan mereka pulang lebih awal dari kegiatan Safari Ramadhan tahun sebelumnya yang sampai tengah malam.

"Meskipun kegiatan Safari Ramadhan hanya dipusatkan di satu desa dalam satu kecamatan, seluruh kepala desa dan BPD harus hadir pada kegiatan tersebut," katanya.
 
Ia mengatakan, tim Safari Ramadhan tahun ini akan memberikan cenderamata kepada rumah ibadah yang dijadikan sasaran kegiatan tersebut.
 
Selain itu, katanya, pihak Baznas Mukomuko akan memberikan santunan kepada 75 anak yatim piatu atau lima anak yatim piatu per kecamatan dari 15 kecamatan di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023