PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Cabang Curup yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu telah menyalurkan kredit kepada pelaku usaha mikro di wilayah itu mencapai Rp1,4 triliun.

"Hingga saat ini total pinjaman mikro yang telah kita salurkan kepada pelaku usaha mikro tersebar dalam tiga kabupaten mencapai Rp1,4 triliun," kata Pimpinan Cabang BRI Cabang Curup, M Ismail Fahmi di Rejang Lebong, Sabtu.

Dia menjelaskan kredit mikro tersebut disalurkan kepada 42.000 nasabah BRI yang tersebar dalam wilayah kerja BRI Cabang Curup meliputi Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Lebong.

Penyaluran pinjaman itu sendiri, kata dia, dilakukan melalui 14 kantor BRI yang ada di tiga kabupaten terdiri dari satu kantor cabang, kemudian satu kantor cabang pembantu dan 12 kantor unit.

Kalangan pelaku usaha mikro yang menjadi nasabah BRI ini diberikan pinjaman dengan bunga ringan dalam bentuk Kredit umum pedesaan (Kupedes) dan kredit usaha rakyat atau KUR.

Kredit mikro yang disalurkan pihaknya itu menurut dia, salah satunya bersumber dari dana dari tabungan Simpedes nasabah BRI Cabang Curup.

"Tabungan Simpedes nasabah BRI Curup tercatat hingga akhir Februari 2023 lalu totalnya sudah mencapai Rp523 miliar," ujarnya.

Nasabah yang menabung di Simpedes BRI, tambah dia, secara tidak langsung telah membantu para pelaku usaha yang membutuhkan modal karena dijadikan sebagai sumber pembiayaan untuk nasabah pinjaman.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023