Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 144 dari 148 desa sudah menerima Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap Pertama Tahun 2023.
 
"Saat ini tinggal empat desa lagi yang belum mengajukan penyaluran baik DD maupun ADD tahap I," kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Kamis.
 
Ia menyebutkan sebanyak empat desa yang belum mengajukan penyaluran DD dan ADD tahap pertama, yakni Desa Suka Pindah, Desa Pondok Kopi, Desa Sari Bulan dan Air Kasai.
 
Ia mengatakan, pihaknya telah meminta kepada empat desa ini agar segera mengajukan penyaluran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahap I.
 
"Kalau berdasarkan jadwal pengajuan DD dan ADD tahap satu masih panjang sampa bulan Juni 2023, namun kami tetap meminta desa untuk segera mengajukan agar dana tersebut bisa digunakan untuk pembangunan di desa," ujarnya.
 
"Seperti Desa Sari bulan sudah mengajukan Alokasi Dana Desa tetapi belum mengajukan Dana Desa, sedangkan tiga desa lainnya belum sama sekali mengajukan baik DD dan ADD," ujarnya.
 
Ia mengatakan dari sebanyak 144 desa yang telah menerima penyaluran DD dan ADD tahap I, sebanyak enam desa di antaranya yang sudah mulai mengajukan penyaluran DD dan ADD tahap II.
 
Menurut dia, enam desa ini cepat mengajukan penyaluran dana desa tahap I karena paralel. Begitu selesai laporan pertanggungjawaban penggunaan DD dan ADD, mereka langsung mengajukan penyaluran ke dinas.
 
Sementara itu, ia menyebutkan total DD untuk 148 desa di daerah ini sebesar Rp117 miliar, atau mengalami peningkatan sebesar Rp3 miliar dibandingkan sebelumnya Rp114 miliar.
 
Ia mengatakan, DD tersebut digunakan meningkatkan ekonomi masyarakat, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.
  
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023