Mukomuko (Antara) - Realisasi pencapaian peserta baru keluarga berencana tahun 2014 di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mencapai  67,33 persen dari target sebesar 8.604 orang.   

"Sampai pertengahan bulan November tahun ini, jumlah pencapaian target peserta baru keluarga berencana (KB) di 15 kecamatan di daerah ini sebanyak 5.791 orang atau 67,33 persen dari target 8.604 orang," kata Kabid Keluarga Berencana Badan Koordinasi Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mukomuko, Edwin Harnani, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, jumlah pencapaian target peserta baru KB tahun 2014 di daerah itu masih sangat rendah, sementara untuk mencapai target peserta baru KB menyisakan waktu satu setengah bulan.

Namun, ia optimistis, dengan sisa waktu yang sangat singkat tersebut instansi itu melalui petugas lapangan KB dan kader pos KB di 148 desa dan tiga kelurahan di daerah itu dapat mencapai target peserta baru KB.

"Kami akan terus berupaya mencapai target itu melalui kerja sama dengan tim penggerak kesejahteraan keluarga dan dinas kesehatan yang saat mengadakan kegiatan pengobatan gratis," ujarnya.

Menurutnya, jika beban target peserta baru KB tahun 2014 yang diberikan oleh pemerintah provinsi setempat terhadap daerah itu terlalu tinggi, tidak sesuai dengan sisa pasangan usia subur (PUS) di daerah itu.

Dengan jumlah sisa PUS sebanyak 7.207 orang di daerah itu, menurutnya, seharusnya target peserta baru KB itu sebanyak 5.000 sampai 5.500 orang.

Sementara itu, sebutnya, dari jumlah peserta baru KB di daerah itu, paling banyak peserta menggunakan alat kontrasepsi (Alkon) suntik dan paling sedikit menggunakan alkon MOP.

"Peminat Metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) seperti alkon MOW dan MOP masih sedikit dan peserta baru menggunakan alkon jangka pendek seperti kondom dan suntik," ujarnya.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014