Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan bekerjasama dengan kelompok tani dalam menyediakan benih padi untuk para petani di daerah itu.

"Kami akan bekerjasama dengan kelompok tani penangkar untuk mengembangkan dan menyediakan benih padi untuk petani setempat," kata Kabid Pertanian Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Hari Mustaman di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, mengingat kemampuan balai benih induk (BBI) padi pemerintah setempat di Kecamatan Lubuk Pinang tidak mampu menyediakan kebutuhan benih padi petani saat akan memasuki musim tanam padi sawah.

Ia menyebutkan, saat ini luas lahan BBI padi di daerah itu hanya dua hektare dengan jumlah benih padi yang dihasilkan sebanyak enam  ton.

Dengan jumlah benih padi sebanyak enam ton tersebut, lanjutnya, tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan benih padi petani di lahan seluas 6.000 hektare setiap musim tanam.

"Dengan jumlah benih padi sebanyak enam ton dari BBI padi itu hanya mampu kebutuhan benih padi di lahan persawahan seluas 240 hektare," ujarnya.

Sehingga, lanjutnya, daerah itu terpaksa mendatangkan benih padi dari luar untuk memenuhi kebutuhan benih padi petani setempat.

Selanjutnya, katanya, pihaknya akan bekerjasama dengan kelompok penangkar benih padi dalam mengembangkan dan menyediakan benih padi untuk para petani di kabupaten itu.

Ia menerangkan, tahun 2015 instansi itu menargetkan luas tanam di daerah itu mencapai 13.000 hektare. Dengan asumsi saat ini lahan yang tersedia seluas 12.500 hektare ditambah lahan baru kegiatan optimasi lahan tahun 2015 seluas 500 hektare. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014