Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun depan akan membeli sebanyak 990 stel baru pelampung untuk keselamatan nelayan saat pergi melaut.

"Anggaran pembelian baju pelampung itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2015 sebesar Rp190 juta," kata Kabid Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, rencana pembelian baju pelampung itu telah disetujui oleh Komisi II DPRD setempat. Tinggal lagi pembahasan di Badan Anggaran (Banggar) DPRD.

Ia berharap, tidak ada lagi perubahan anggaran untuk kegiatan pengadaan baju pelampung untuk nelayan di daerah itu.

Ia menyebutkan, saat ini sebanyak 1.118 nelayan yang terdata di instansi itu. Namun belum semua nelayan setempat yang menerima baju pelampung tersebut.

Pembelian baju pelampung itu, katanya, dilakukan secara bertahap. Bagi nelayan yang belum dapat baju itu diusulkan pembeliannya pada APBD perubahan tahun 2015.

Menurut dia, daerah itu membeli baju pelampung untuk nelayan karena tingginya angka kecelakaan perahu nelayan saat melaut.          

Dalam dua tahun terakhir mulai tahun 2013 - 2014, sebutnya, sebanyak 34 kali kejadian kecelakaan di laut, tiga orang nelayan di antaranya meninggal dunia.

Menurut dia, jatuhnya korban jiwa saat kecelakaan laut, bukan karena nelayan tidak bisa berenang, tetapi saat kecelakaan bagian kepala membentur benda keras sehingga pingsan dan tubuh nelayan tenggelam.

"Kalau mereka memakai baju pelampung, saat pingsan tubuhnya tetap mengapung," ujarnya lagi.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014