Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyalurkan cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan berupa beras sebanyak 1,69 ton ke 169.744 keluarga penerima manfaat di kabupaten dan kota yang ada Bengkulu.
 
Bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional untuk menyiapkan dan menyalurkan bantuan pangan beras alokasi Maret, April dan Mei 2023.
 
"Kita mendapatkan alokasi sebanyak 1,69 ton yang akan disalurkan ke keluarga penerima manfaat yang ada di seluruh Provinsi Bengkulu," kata dia di Kota Bengkulu, Kamis.
 
Ia menyebutkan bahwa setiap KPM akan mendapatkan sekitar 10 kilogram beras dan penyaluran tersebut dilakukan sebanyak tiga kali sehingga warga menerima 30 kilogram.

Untuk penyaluran bantuan beras dari pemerintah akan diawasi oleh institusi terkait dari pemerintah provinsi, kota dan kabupaten guna memastikan bantuan tersebut tepat sasaran.
 
Kemudian, terkait skema pendistribusian bantuan tersebut dari Bulog Bengkulu akan disalurkan ke titik yang telah di sepakati yaitu Kelurahan atau Desa agar KPM dapat langsung mengambilnya.
 
Selain itu, Pimpinan Kanwil Bulog Bengkulu Bakhtiar AS menerangkan bahwa penyaluran bantuan beras tersebut dilakukan karena saat ini inflasi meningkat yang disebabkan karena harga beras yang tinggi.
 
"Dengan demikian, pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional yang memiliki program untuk membantu masyarakat dalam menghadapi bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah," ujar dia.
 
Sementara itu, ia memastikan bahwa ketersediaan beras di gudang Bulog Bengkulu cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bengkulu menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023