Pihak Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Bengkulu mendirikan enam pos pengamanan dan pelayanan kepada pemudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah di wilayah itu.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Tonny Kurniawan di Mapolres Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan pendirian pos pengamanan dan pelayanan arus mudik dan hari raya tersebut bertujuan untuk memberikan keamanan kepada masyarakat setempat maupun pemudik yang melintas di Jalan Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

"Untuk pengamanan mudik dan Lebaran tahun 2023 Polres Rejang Lebong akan mendirikan enam pos, terdiri atas empat pos pelayanan dan dua pos pengamanan," kata dia.

Dia menjelaskan enam pos tersebut terdiri atas pos pelayanan (posyan) berada di Pasar Bang Mego Curup, posyan di objek wisata Tebing Suban di Kecamatan Curup Timur, kemudian posyan di objek wisata Danau Mas Harun Bestari (DMHB) di Kecamatan Selupu Rejang dan Posyan di Desa Pelalo, Kecamatan Sindang Kelingi.

Sedangkan untuk pos pengamanan (pospam) akan ditempatkan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel, yakni pospam di perbatasan di Desa Tanjung Sanai, Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) dan satu lagi pospam kontainer di Desa Taba Padang Kecamatan Binduriang.

"Untuk posyan di Desa Pelalo juga kita siapkan rest area, para pemudik nantinya bisa beristirahat di sini," terangnya.

Menurut dia, liburan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah kali ini intensitas pemudik yang lewat di daerah itu diperkirakan akan meningkat karena masa libur yang panjang dan pemerintah juga sudah memberikan kelonggaran dan tidak ada lagi pembatasan setelah dua tahun dilanda pandemi COVID-19.

Pengamanan lebaran tahun 2023 ini, tambah dia, akan digelar dalam kegiatan Operasi Ketupat Nala 2023 akan dimulai 18 April sampai dengan 1 Mei, di mana petugas yang terlibat selain dari kepolisian juga anggota TNI, Brimob, petugas dinas kesehatan, BPBD, dinas perhubungan, Orari, Pramuka dan lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023