Mukomuko (Antara) - Bidang Perkebunan Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun depan menargetkan sebanyak 40 petani setempat mengajukan permohon surat tanda daftar budi daya (STBD)  perkebunan atau meningkat dibandingkan tahun ini sebanyak 20 orang.

"Dalam rapat internal, kami minta target pemohon surat tanda daftar (STD-B) perkebunan sebanyak 40 orang," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, bidang itu minta penambahan karena fakta target pemohon STDB perkebunan tahun 2014 di daerah itu melebihi target yang ditetapkan dari sebanyak 20 orang menjadi 40 orang.

Ia menjelaskan, sebanyak 40 orang pemohon STD-B itu terhitung sampai bulan November 2014. Belum lagi bulan Desember tahun ini.

Menurut dia, jika terealisasi maka terjadi peningkatan target pemohon STD-B tahun 2015 di daerah itu sebesar 100 persen.

Ia menyebutkan, tahun ini sebanyak 40 orang pemohon STD-B di daerah itu. Mereka ini memiliki lahan masing-masing dua hektare. Lahan yang dimiliki pemohon ini tidak mesti bersertifikat, bisa juga menggunakan surat keterangan tanah (SKT).

"Kalau dulu mereka cukup menggunakan SKT dan surat keterangan dari kepala dinas kalau dia punya kebun. Sekarang harus punya STD-B," ujarnya.

Ia menjelaskan, mayoritas pemohon membutuhkan STD-B sebagai syarat untuk mendapatkan pinjaman uang di bank di daerah itu.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014