Mukomuko (Antara) - Para petani di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengeluhkan serangan hama keong mas pada tanaman padi yang baru mereka tanam.

"Saat ini banyak keong mas yang menyerang tanaman padi kami," kata Petani dari Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Ipuh, Hariyanto, di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu kepada Kabid Pertanian Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Hari Mustaman.

Ia menjelaskan, hama keong mas itu menyerang hampir seluruh tanaman padi di persawahan petani di wilayah tersebut.

Sehingga, lanjutnya, petani di wilayah itu terpaksa berusaha keras menyingkirkan sendiri keong mas yang menyerang tanaman padi sawah mereka tersebut.

Ia berharap, dinas pertanian dapat membantu petani dalam menyingkirkan hama keong mas yang menyerang tanaman padi sawah mereka tersebut.

Kabid Pertanian Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Hari Mastaman meminta petani mengajukan permohonan mendapatkan pertisida untuk membasmi hama keong mas.

"Sampaikan saja kepada dinas untuk untuk memperoleh pestisida membasmi keong mas tersebut," ujarnya.

Karena, lanjutnya, kebetulan dinas masih punya stok pestisida yang diberikan kepada petani yang membutuhkan untuk membasmi hama pada tanaman padi. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014