Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, meningkatkan fasilitas tempat istirahat dan pelayanan atau rest area di jalan lintas sumatera (Jalinsum), guna memberikan kenyamanan kepada pengguna kendaraan bermotor yang melintas di daerah ini.

"Kalau untuk istirahat, pengguna kendaraan bermotor yang balik lebaran untuk sementara bisa memanfaatkan fasilitas rest area yang ada di wilayah Air Punggur, nanti kita akan tingkatkan fasilitas diwilayah tersebut," kata Bupati Mukomuko Sapuan di Mukomuko, Senin.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko sejak tahun 2022 membangun tempat peristirahatan sementara untuk pengguna kendaraan bermotor yang melintas di daerah ini.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko mengalokasikan anggaran sebesar Rp600 juta yang bersumber dari APBD untuk membangun wilayah tersebut.
 
Ia mengatakan, pembangunan seluruh sarana dan prasarana rest area di pantai yang berada sepanjang jalan lintas sumatera yang menghubungkan Bengkulu dengan Sumbar dilaksanakan secara bertahap setiap tahun.
 
Ia mengatakan, walaupun saat ini pekerjaan pembangunan rest area belum final, pengguna kendaraan bermotor sudah bisa berhenti karena sudah ada toilet dan mushola.
 
Menurutnya, untuk sementara ini fasilitas yang ada tersebut mencukupi sambil daerah ini ke depan terus berbenah meningkatkan fasilitas yang ada di rest area di daerah ini.
 
Ia mengatakan, warga dari dan luar daerah ini yang mudik dan balik lebaran juga bisa beristirahat di rest area dan memanfaatkan fasilitas yang ada di rest area tersebut.
 
Sementara itu, pemerintah daerah ini membutuhkan dana sekitar Rp5 miliar untuk melengkapi sarana dan prasarana di pantai yang berada sepanjang Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Bengkulu dengan Sumbar.
 
Dengan anggaran sebesar itu untuk pembangunan pematangan lahan, sarana ibadah, toilet, tempat bermain anak, pembangunan taman, dan ruang bagi pedagang untuk berjualan.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023