Pemerintah Kota Bengkulu menyatakan aparatur sipil negara (ASN) Kota Bengkulu menunjukkan kedisiplinan dengan hampir seluruhnya masuk kerja usai libur Lebaran 2023.
 
"Terimakasih ASN dan PTT yang sudah taat dan patuh dengan aturan," kata Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi di Bengkulu, Rabu.
 
Sesuai aturan SKB 3 Menteri tentang hari libur dan cuti bersama 2023. Seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai tidak tetap (PTT) Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, Rabu (26/4) pagi kembali masuk seperti biasa usai libur lebaran.
 
Seluruh ASN dan PTT di organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing menggelar upacara dan dilanjutkan dengan absen manual.
 
Wakil wali kota itu mengatakan hanya ada beberapa ASN atau PTT yang berhalangan masuk kerja pada hari pertama itu, dan mereka juga disertai dengan surat izin.
 
“Alhamdulillah, ASN dan PTT pemkot terlihat sudah 97 persen masuk, kalaupun ada belum masuk karena memang ada kelonggaran untuk menghindari kemacetan, sakit dan izin (ada keterangan)," ucap Dedy.
 
Dedy pun menjelaskan tak ada teguran untuk jajaran Pemkot apabila tak masuk di hari pertama, tetapi syaratnya tentu dengan keterangan yang jelas.
 
“Tidak ada teguran, kalaupun izin kami terima. Kalaupun belum ada keterangan kami hubungi apa kendalanya, kalau sakit kami anjurkan segera berobat. Jadi pada intinya kami memberi kelonggaran,” kata dia lagi.
 
Inspektur Inspektorat Eka Rika Rino menjelaskan sidak hari pertama masuk kerja dilakukan di seluruh OPD. Tak hanya itu, sidak di setiap OPD juga dalam rangka evaluasi usai libur lebaran dan untuk memotivasi setiap OPD dalam meningkatkan kinerja.
 
"Nah hasil sidak ini akan kami sampaikan ke BKPSDM," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023