Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejanglebong, Bengkulu, menyelesaikan renovasi Pasar Atas Curup dengan biaya dari pemerintah pusat sebesar Rp1,6 miliar.

"Pengerjaan renovasi Pasar Atas Curup dengan pembiayaan yang bersumber dari APBN saat ini sudah selesai dan dalam waktu dekat akan segera diresmikan oleh bupati," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Rejanglebong, Endang Usmanyah di Rejanglebong, Selasa.

Renovasi Pasar Atas Curup tersebut, kata dia, dilaksanakan sejak Agustus 2014 dan selesai dikerjakan akhir November 2014. Renovasi tersebut meliputi perbaikan 54 petak yang terdiri dari dua lokasi yakni di bekas terminal Pasar Atas dan petak di bagian depan.

Ia menyebutkan hingga saat ini, dari tiga pasar tradisional yang ada di wilayah kota, yang sudah direnovasi dengan dana dari pemerintah pusat pada 2013 yakni Pasar Bang Mego dan Pasar Atas di Blok Dalam, sedangkan untuk Pasar De baru dibangun tahun 2012 dengan dana dari APBD setempat.

Pemkab Rajanglebong pada tahun 2015 juga merencanakan pembangunan pasar tradisional modern (PTM) di lokasi pedagang sayur-mayur dan ikan di lokasi eks Terminal Pasar Atas yang diperkirakan memerlukan dana mencapai Rp25 miliar.

"Kalau untuk pembuatan rencana induknya pada tahun ini memerlukan dana Rp130 juta, sedangkan untuk pembiayaan pembangunannya diperkirakan mencapai Rp25 miliar dan ini sudah kami usulkan di RAPBD tahun 2015, mudah-mudahan saja di setujui DPRD," katanya.

Sebelumnya Anggota Komisi II DPRD Rejanglebong Wahono, yang melakukan peninjauan ke lokasi renovasi Pasar Atas Curup mengaku kecewa dengan hasil pekerjaan tersebut.

"Kalau dilihat hasil pengerjaan yang dilakukan kontraktor, ini jelas sangat mengecewakan, masa anggaran Rp1,6 miliar cuma digunakan untuk pengecatan, ganti atap, jendela dan plafon saja sedangkan drainasenya tidak ada," kata Wahono.

Renovasi pasar itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada warga sehingga mereka bisa datang dan berbelanja di pasar tersebut karena dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.***2*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014