Mukomuko (Antara) - SMP Negeri 05 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2014 terpilih sebagai salah satu sekolah penerima Adiwiyata atau penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup.

"SMP Negeri 05 terpilih sebagai penerima penghargaan Adiwiyata," kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Mukomuko, Risber A Razak, di Mukomuko, Jumat.

Menurutnya, sekolah yang beralamat di Desa Arga Jaya, Kecamatan Air Rami itu terpilih sebagai penerima penghargaan Adiwiyata berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 183 tahun 2014 tentang penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional.

Penghargaan Adiwiyata tersebut, katanya, akan diterima oleh Kepala Sekolah SMP 5 Mukomuko di Audiotorium Manggala Wana Bhakti, Jakarta Pusat, tanggal 20 Desember 2014.

Ia mengatakan, rencananya penghargaan Adiwiyata tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutahan Siti Nurbaya serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan kepada sekolah penerima.

Instansi itu serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, katanya, turut hadir dalam mendampingi Kepala SMP 05 Mukomuko menerima penghargaan Adiwiyata.

Menurutnya, rencana awalnya bupati setempat yang berangkat bersama pihak SMP 05. Kemungkinan diwakilkan kepada instansi itu serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Ia menerangkan, SMP 05 Mukomuko memperoleh penghargaan Adiwiyata karena berhasil dalam mengelola dan menerapkan pendidikan lingkungan kepada siswanya.

Menurutnya, banyak kriteria sehingga tim penilai dari pusat menetapkan sekolah itu menerima penghargaan Adiwiyata, seperti kebersihan, taman, lingkungan, kantin, dan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah itu membuat pupuk kompos. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014