Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun depan akan membeli sedikitnya 50 ekor sapi untuk dua hingga tiga kelompok tani di daerah itu.   

"Pembelian sebanyak 50 ekor sapi itu bersumber dari dana alokasi umum tahun 2015," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Jumadi, di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, rencananya sebanyak 50 ekor sapi itu untuk dua hingga tiga kelompok tani di wilayah selatan kabupaten itu mulai dari Kecamatan Teramang Jaya hingga Malin Deman.

Karena, menurutnya, di wilayah selatan kabupaten itu masih sangat sedikit jumlah populasi sapinya, sehingga perlu dibantu agar sapi bantuan tersebut dapat berkembang biak di wilayah itu.

Namun, lanjutnya, untuk sasaran calon petani calon penerima (CPCL) sebanyak puluhan ekor sapi bantuan itu terserah kebijakan dari kepala daerah setempat.        

Yang pasti, katanya, persyaratan kelompok tani penerima bantuan sapi tersebut harus terdaftar di Badan Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP) setempat.        

"Kalau proposal dari kelompok tani sudah banyak yang masuk ke dinas tetapi tidak mungkin semuanya diakomodir, jadi ada penilaiannya," ujarnya lagi.

Sehingga, lanjutnya, ke depan pihaknya akan menerapkan pola bergulir dalam memberikan bantuan sapi kepada kelompok tani sehingga kelompok yang belum dapat berkesempatan menerima bantuan dari perkembangbiakan sapi bantuan pemerintah.

"Kita berharap ada pemerataan kelompok tani menerima bantuan sapi dari pemerintah setempat. Karena pemerintah terbatas bantuan untuk memberikannya sekaligus kepada kelompok tani," ujarnya lagi. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014