Agrowisata Hutan Durian yang berlokasi di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dipastikan masuk nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

"Alhamdulillah, Wisata Durensari telah lolos 75 besar. Semoga kami terus melaju dan masuk 10 besar desa wisata terbaik di Indonesia," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto di Trenggalek, Rabu.

Sebagai wisata unggulan daerah, Wisata Durensari mendapat atensi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Menteri Parekraf Sandiaga Uno bahkan dijadwalkan datang langsung meninjau sekaligus mencicipi kelezatan buah-buah durian unggulan dari Trenggalek.

Bersamaan dengan kedatangan Menteri Sandiaga itu, tim juri akan menyertai dan melakukan penilaian.

Sunyoto menjelaskan, ada lima kategori yang dilombakan dalam ADWI 2023, meliputi kategori daya tarik wisata pengunjung alam, budaya buatan, homestay dan toilet umum, suvenir, digital dan konten kreatif, CHSE dan kelembagaan desa wisata.

Baca juga: Desa Wisata Taraju dapat apresiasi dari Menteri Parekraf

Baca juga: Pemkab Rejang Lebong persiapkan penilaian anugerah desa wisata 2023

Pihaknya berharap Trenggalek dapat menyabet kejuaraan di seluruh kategori tersebut. "Ada beberapa atraksi di sana, atraksi alat, budaya, kuliner dan penunjang atraksi yang lain. Kemudian ada beberapa kebudayaan hingga permainan di sana," ujarnya.

Desa Wisata Durensari Trenggalek masuk 75 besar setelah bersaing dengan 4.573 desa wisata di seluruh Indonesia yang mengikuti anugerah tersebut.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023