Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi keberhasilan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Taraju yang telah menjadi aktor perubahan dengan memaksimalkan berbagai potensi di desa wisatanya secara berdaya saing dan produktif.

"Desa Wisata Taraju memiliki Pokdarwis dan kelembagaan desa yang aktif menggerakkan warga desa untuk bisa berdaya saing dan produktif di desanya," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Desa yang berada di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, yang dinobatkan sebagai salah satu dari 75 desa wisata terbaik ADWI 2023 ini memiliki sederet potensi alam, budaya, dan kearifan lokal yang dimanfaatkan masyarakat sebagai daya tarik wisata.

Mulai dari hamparan perkebunan teh yang hijau begitu memanjakan mata, river tubing, berkemah, petik dan pengolahan teh dan kopi, kesenian kuda lumping, kesenian kecapi suling, hingga dungkol dan qosidah.

Selain itu yang menarik perhatian Menparekraf adalah wisata kreatif dari limbah industri, yakni wisatawan dapat melihat langsung proses pengolahan limbah rumah tangga yang diproses menjadi barang-barang kreatif, menarik, dan ramah lingkungan seperti tas dan tikar.

Pewarta: Sinta Ambarwati

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023