Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memprogramkan semua desa di daerah ini menjadi desa ramah perempuan dan peduli anak (DRPPA).

"Saat ini baru dua desa di daerah ini yang menjadi DRPPA, yakni Desa Lubuk Sanai II dan Desa Sumber Mulyo, ke depan kita programkan 148 desa dan tiga kelurahan," kata Pejabat Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Mukomuko Vivi Novriani dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Vivi Novriani yang juga Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini mengatakan instansinya telah berkoordinasi dengan kepala daerah terkait dengan program semua desa menjadi DRPPA.

"Kami telah sampaikan kepada bupati, dan bupati mendukung, kini kami lagi mencari regulasi ke pemerintah pusat untuk menetapkan semua desa di daerah ini menjadi DRPPA," ujarnya.

Terkait dengan kriteria desa menjadi DRPPA, ia mengatakan, semua desa sudah ada beberapa kriteria untuk menjadi DRPPA, yang belum ada forum anak dan forum perempuan dan desa dapat membentuk forum ini di wilayahnya masing-masing.

Ia mengatakan, instansinya sejak beberapa tahun terakhir membentuk forum anak dan forum perempuan, dan tahun ini rencananya pembentukan forum anak di tiga kelurahan dalam Kecamatan Kota Mukomuko.

"Kami sudah sampaikan kepada pihak kelurahan terkait pembentukan forum anak, selanjutnya kelurahan yang menindaklanjutinya kegiatan ini," ujarnya pula.

Menurutnya, pembentukan forum anak dan forum perempuan ini membutuhkan kerja sama dengan berbagai instansi terkait lainnya di daerah ini.

Sementara itu, ia menjelaskan, salah satu kriteria desa menjadi DRPPA, yakni sudah ada kampung keluarga berencana, disiplin menjalankan program yang berkaitan dengan perempuan dan anak.

Kemudian di desa ini sudah ada organisasi atau forum anak dan forum perempuan.

Selain itu, katanya, perangkat pemerintah desa memiliki keterwakilan perempuan, dan persatuan perempuan di desa harus aktif.


 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023