Rejanglebong (Antara) - Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu menyebutkan saat ini para calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dinyatakan lulus seleksi di daerah itu mulai melengkapi berkas lamaran.

"Saat ini sudah ada 31 pelamar tes CPNS yang dinyatakan lulus yang menyerahkan berkas-berkas kelengkapan mereka, untuk melengkapi berkas ini kami tunggu hingga hari Sabtu tanggal 10 Januari nanti," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Rejanglebong Amir Hamzah di Rejanglebong, Jumat.

Para peserta tes CPNS di daerah itu yang dinyatakan lulus seleksi pada Desember 2014 lalu kata dia, saat ini masih harus melengkapi berkas lamaran mereka yang sudah diserahkan lebih dulu berupa surat keterangan kesehatan, surat keterangan bebas narkoba dan SKCK dari pihak kepolisian serta daftar riwayat hidup.

Untuk kelengkapan syarat lamaran ini tambah dia, harus dibuat pada bulan Jauari 2015 bukan dibuat pada bulan dan tahun sebelumnya. Untuk itu dengan waktu yang tersisa kalangan pelamar yang lulus dan belum menyerahkan berkas kelengkapan agar segera melengkapinya.

Selain itu dia juga mengingatkan agar berkas yang akan diserahkan juga harus diperiksa terlebih dahulu, sehingga tidak bermasalah di kemudian hari, karena setelah berkas diterima oleh pihaknya akan segera dikirim ke Jakarta.

Sebelumnya pihak BKD Rejanglebong sempat mempertanyakan proses seleksi CPNS 2014 di daerah itu, karena dari 49 kuota yang diterima Kabupaten Rejanglebong saat diumumkan pada 8 Desember 2014 lalu jumlah yang dinyatakan lulus hanya 42 orang atau berkurang tujuh orang.

"Jumlah peserta yang lulus passing grade pada pelaksanaan tes bulan November 2014 lalu jumlahnya melebihi kuota. Ini dapat dilihat dari 10 orang yang lulus passing grade pada satu formasi yang mendapat kuota tiga orang tapi yang dinyatakan lulus cuma satu orang, untuk itu kami akan meminta klarifikasi ke pihak Panselnas guna mengetahuinya," katanya.

Berdasarkan pengamatan pihaknya kata dia, terdapat tujuh kuota yang berkurang dari 49 orang yang dibutuhkan namun saat pengumuman hanya 42 orang diantaranya untuk formasi analis jabatan dari dua orang yang dibutuhkan namun yang lulus hanya satu orang, kemudian formasi analis sistem informasi dari tiga kuota yang diterima yang lulus hanya dua orang, selanjutnya formasi perawat pertama dari tiga kuota yang diterima yang dinyatakan lulus hanya dua orang.

Kemudian formasi pengadministrasian keuangan dari enam kuota yang diterima yang lulus hanya tiga orang dan formasi pemeriksa jalan dan jembatan dari satu yang diterima daerah itu namun tidak satu pun peserta tes yang dinyatakan lulus.

Akibat adanya formasi yang tidak terisi penuh itu kata dia, membuat jumlah kuota keseluruhan CPNS yang didapatkan daerah itu pada 2014 lalu berkurang sebanyak tujuh orang pada hal selama pelaksanaan proses seleksi dengan menggunakan sistem CAT tersebut dilakukan melalui perangkingan sehingga semua formasi yang diterima Kabupaten Rejanglebong seharusnya terisi penuh.***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015