Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan 227 calon haji daerah itu yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah tahun ini tergabung di Kelompok Terbang (Kloter) 9 Embarkasi Padang, Sumatera Barat.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Rejang Lebong M. Adityawarman di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan daerah itu pada musim haji tahun ini menerima kuota 227 orang, jumlah ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya yang 106 orang.

"JCH (Jamaah Calon Haji) asal Kabupaten Rejang Lebong yang berangkat tahun ini untuk tingkat Provinsi Bengkulu tergabung di kloter 3. Kalau di Embarkasi Padang, Sumatera Barat kita tergabung di kloter 9," kata dia.

Provinsi Bengkulu saat ini masih berstatus embarkasi antara sehingga harus bergabung ke Embarkasi Padang, Sumatera Barat.

Ia mengatakan 227 calon haji asal Kabupaten Rejang Lebong ini nantinya tergabung dengan 133 calon haji dari Kabupaten Bengkulu Selatan dan 25 calon haji asal Kota Bengkulu.

Sesuai dengan jadwal yang sudah diterima pihaknya, tambah dia, JCH Kabupaten Rejang Lebong ini akan berangkat menuju Embarkasi Antara Bengkulu pada 12 Juni dan diterima masuk asrama pukul 12.36 WIB.

"Setelah tiba di Bengkulu menginap semalam kemudian tanggal 13 Juni berangkat ke Embarkasi Padang dan selanjutnya istirahat satu jam, seterusnya langsung berangkat ke Jeddah, Arab Saudi," katanya.

Ia menjelaskan persiapan pemberangkatan 227 calon haji asal daerah itu sudah hampir rampung dan tinggal pelaksanaan vaksinasi meningitis yang saat ini masih berlangsung, kemudian pengiriman tas koper, sedangkan untuk pelaksanaan manasik, pembuatan paspor dan visa sudah selesai.

Dia mengimbau 227 calon haji asal Kabupaten Rejang Lebong untuk menjaga kesehatan dengan memperbanyak olahraga, istirahat yang cukup, serta mengonsumsi makanan bergizi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023