Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Bengkulu, berencana membangun terminal angkutan penumpang tipe B yang pertama di daerah itu pada 2015.

"Tahun ini kami arahkan pembangunan terminal tipe B agar bisa melayani transportasi darat antarkabupaten dan antarprovinsi," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Ruslan di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan instansi itu telah mengusulkan pembangunan terminal tipe B itu kepada Kementerian Perhubungan RI.

Namun, lanjutnya, isi usulan pemerintah setempat kepada Kementerian Perhubungan baru permintaan agar di terminal di daerah itu dibangun berbagai fasilitas penunjang.

Karena itu instansi itu belum membuat rincian kebutuhan anggaran untuk membangun agar terminal induk di daerah itu menjadi tipe B.

"Kita tunggu reaksi dari kementerian terlebih dahulu. Kalau mereka setuju, kami pasti dipanggil," ujarnya.

Ia mengatakan kalau sudah ada tanggapan, baru instansi itu kembali mengajukan usulan kebutuhan anggaran untuk pembangunan berbagai fasilitas penunjang di terminal tersebut.

"Anggarannya bisa mencapai puluhan miliar rupiah, tetapi kami belum bisa merinci nominalnya karena belum ada panggilan," ujarnya.

Ia mengatakan selama ini terminal angkutan penumpang di Kelurahan Koto Jaya itu belum ada status sehingga terminal itu belum berfungsi maksimal melayani angkutan orang dan barang.

"Baru sekarang kami mau bangun terminal tipe B agar pelayanan transportasi darat bagi warga dari dan keluar daerah itu bisa maksimal," ujarnya lagi.

Berdasar fungsinya, terminal penumpang dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu A, B dan C. Terminal tipe A atau terminal induk berfungsi melayani kendaraan umum baik secara nasional maupun internasional seperti angkutan antarkota antarprovinsi dan atau angkutan lintas batas negara, angkutan antarkota dalam provinsi, angkutan kota dan angkutan pedesaan.

Terminal tipe B atau terminal regional berfungsi melayani kendaraan umum untuk angkutan antarkota dalam provinsi, angkutan kota dan angkutan pedesaan.

Terminal tipe C atau subterminal berfungsi melayani kendaraan umum kelas kecil seperti angkutan kota dan angkutan pedesaan.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015