Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, meminta sekolah setempat baik tingkat SD maupun SMP untuk menyerap beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang dikucurkan pemerintah pusat untuk wilayah itu.

"Kami meminta kepala satuan pendidikan untuk menyerap beasiswa PIP ini dengan jalan menyisir nama-nama siswa di sekolahnya masing-masing sehingga bisa memasukkan mereka yang belum menerimanya," kata Kepala Dinas Dikbud Rejang Lebong Rezza Pakhlevie di Rejang Lebong, Sabtu.

Dia menjelaskan peluang mendapatkan bantuan beasiswa PIP tersebut cukup besar, di mana berdasarkan informasi yang diterima pihaknya 10 kabupaten.kota di Provinsi Bengkulu tahun ini menerima kuota sebanyak 17.000 anak.

Untuk itu, kata dia, kepala satuan pendidikan baik SD maupun SMP di wilayah itu diberikan waktu hingga awal Agustus nanti guna mengajukan nama-nama calon penerima bantuan beasiswa PIP 2023.

Ia mengatakan bantuan beasiswa ini diberikan kepada anak yang berasal dari keluarga tidak mampu yang memiliki kartu keluarga sejahtera (KKS).

Adapun besaran beasiswa yang diberikan untuk anak tingkat SD akan menerima beasiswa Rp450.000 per tahun dan tingkat SMP Rp750.000 serta tingkat SMA/SMK Rp1 juta per tahun.

Sejauh ini pelajar tingkat SD dan SMP di Kabupaten Rejang Lebong yang menerima bantuan beasiswa PIP tersebut, kata dia, lebih dari 5.000 pelajar tersebar dalam 15 kecamatan.

Diharapkan beasiswa PIP yang diberikan pemerintah pusat ini agar digunakan sesuai dengan peruntukannya, karena pemerintah mengucurkan bantuan untuk mendukung program pendidikan anak dari keluarga tidak mampu bisa sampai ke jenjang pendidikan tinggi, demikian  Rezza Pakhlevie.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023