Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong Provinsi Bengkulu saat ini tengah menyiapkan bantuan kepada 84 rumah ibadah yang ada di daerah itu dengan jumlah mencapai Rp3 miliar lebih.

"Pada tahun ini Pemkab Rejang Lebong telah menyiapkan anggaran bantuan untuk rumah ibadah berupa masjid dan mushala sebesar Rp3,005 miliar," kata Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Rejang Lebong Herwin Wijaya Kusuma saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu.

Dia menjelaskan, bantuan rumah ibadah ini untuk pembangunan rumah ibadah baru, kemudian kegiatan rehab atau penambahan sarana pendukung rumah ibadah tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Bantuan hibah untuk rumah ibadah ini, kata dia, diberikan mulai dari Rp15 juta hingga Rp100 juta, tergantung dengan jenis kegiatan yang diajukan melalui proposal yang ditujukan ke Pemkab Rejang Lebong.

Ia mengatakan bantuan rumah ibadah itu sendiri sebelum diberikan dilakukan survei lapangan guna mengetahui ada tidaknya kegiatan yang diusulkan oleh pengurus rumah ibadah masing-masing.

"Sejauh ini dari 84 rumah ibadah yang mengajukan bantuan sudah ada 20 proposal yang kita cairkan melalui rekening masing-masing masjid atau mushala. Sedangkan untuk rumah ibadah lainnya masih dalam proses pencairan," terangnya.

Sementara itu untuk bantuan rumah ibadah agama lainnya, tambah dia, belum ada yang mengajukan permintaan bantuan. Bantuan yang diberikan kepada agama lainnya ini baru berupa insentif kepada perangkat agama saja seperti pastur, pendeta, upasaka dan romo.

Dia mengharapkan dengan adanya bantuan hibah dari Pemkab Rejang Lebong ini masing-masing pengurus rumah ibadah dapat melakukan perawatan maupun perbaikan serta penambahan fasilitas pendukung rumah ibadah di tempat mereka sehingga dapat mendukung kenyamanan warga dalam beribadah.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023