Mantan Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof Karomani tidak mengajukan banding atas putusan yang dijatuhi oleh majelis hakim pada persidangan beberapa waktu lalu terkait suap penerimaan mahasiswa baru.

"Karomani sudah menyatakan tidak mengajukan upaya hukum banding terhadap putusan yang sudah dijatuhkan meskipun ada beberapa catatan yang menurut beliau tidak sesuai dengan fakta yang dialami," kata Penasihat Hukum eks Rektor Unila itu, Ahmad Handoko di Bandarlampung, Selasa.

Dia melanjutkan tidak sesuai dengan fakta dalam persidangan di antaranya dalam pertimbangan hukum Karomani meminta saksi Asep Sukohar dan Mualimin untuk mencari calon mahasiswa yang ingin menyumbang.

"Sebenarnya tidak seperti itu, kemudian ada nama-nama pemberi uang yang tidak memberi justru dipertimbangkan memberi," kata dia.

Pada putusan yang dijatuhkan kepada Karomani, dirinya sangat menghargai dan menghormati putusan majelis hakim. Karomani, kata dia, siap akan menjalani hukuman dan mengembalikan uang kerugian negara.

"Secepatnya uang kerugian akan diselesaikan," katanya.

Sebelumnya, majelis hakim dalam persidangan perkara suap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila Tahun 2022 menjatuhkan hukuman kepada eks Rektor Unila Prof Karomani selama sepuluh tahun penjara.

Dalam amar putusan, majelis hakim juga menjatuhkan denda sebesar Rp400 juta subsider pidana kurungan penjara selama empat bulan dan pidana tambahan dengan harus membayar uang pengganti sebesar Rp8,075 miliar yang wajib dibayarkan paling lama satu bulan setelah putusan mendapat kekuatan tetap atau inkrah.


Update Berita Antara Bengkulu di Google News

Pewarta: Dian Hadiyatna/Damiri

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023