Bengkulu (Antara) - Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Bengkulu akan mengusung calon gubernur pada pemilihan kepala daerah yang digelar tahun ini setelah menggelar survei elektabilitas.

"Kami tidak akan membuat uji kepatutan dan kelayakan, tapi lang menggelar survei elektabilitas," kata Wakil Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu Abdul Goni di Bengkulu, Jumat.

Saat menerima Bupati Kabupaten Mukomuko Ichwan Yunus yang mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah gubernur di Kantor DPW PAN, ia mengatakan suvei akan dilakukan ke kabupaten dan kota.

Setiap bakal calon akan disurvei tingkat keterpilihannya atau elektabilitas minimal di lima dari 10 kabupaten dan kota di daerah tersebut.

"Kami tentukan minimal lima kabupaten dan kota, tapi kalau mereka bersedia ke seluruh kabupaten dan kota akan kami jadwalkan," ucapnya.

Abdul mengatakan setelah penjaringan, Tim Lima yang bertugas menyeleksi bakal calon gubernur akan menentukan dua nama calon gubernur yang diusung PAN ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Hasil survei elektabilitas kata dia akan menjadi acuan untuk menentukan cagub yang akan diusung PAN untuk kepala daerah Provinsi Bengkulu periode 2015-2010.

Lebih lanjut Abdul mengatakan baru dua bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran ke DPW PAN dan Bupati Mukomuko Ichwan Yunus yang pertama mengembalikan formulir.

Bupati Mukomuko Ichwan Yunus yang mendaftar sebagai bakal calon gubernur melalui PAN mengatakan yakin akan dipilih mewakili partai itu.

"Saya optimis terpilih karena saat ini sudah ada tujuh pengurus tingkat kabupaten yang menyatakan dukungan," katanya.

Selain PAN, Ichwan juga sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur ke Partai Demokrat, Gerindra dan PDIP. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015