London,  (Antara/AFP) - Dua kandidat kuat peraih gelar Liga Utama Inggris Chelsea dan Manchester City tersingkir di Piala FA setelah secara mengejutkan ditaklukkan lawan-lawannya yang berasal dari liga yang rendah pada putaran keempat yang berlangsung Sabtu.

        Chelsea menyia-nyiakan keunggulan 2-0 untuk kemudian kalah 2-4 dari tamunya Bradford City pada salah satu kejutan terbesar sepanjang sejarah terkini kompetisi itu, sedangkan City kalah 0-2 dari Middlesbrough di Stadion Etihad.

        Dengan Southampton yang kalah 2-3 dari Crystal Palace, maka ini berarti tidak ada tiga tim teratas di Liga Utama Inggris yang akan mengikuti undian putaran kelima pada Senin, sehingga peluang juara bagi tim-tim lainnya terbuka lebar.

        Manchester United, yang menduduki peringkat keempat di Liga Utama Inggris, menghadapi pertandingan ulang melawan tim divisi keempat Cambridge United setelah bermain imbang 0-0 pada Jumat, sedangkan Bolton Wanderers juga akan memainkan pertandingan ulang melawan Liverpool.

        Pelatih Chelsea Jose Mourinho telah memperingatkan timnya sebelum pertandingan di Stamford Bridge dimulai bahwa akan "memalukan" jika timnya dikalahkan Bradford, dan mendeklarasikan bahwa dirinya "dipermalukan" saat peluit panjang berbunyi.

        Kemenangan Bradford menggemakan kejutan-kejutan terbesar di Piala FA seperti yang sebelumnya dilakukan oleh Hereford United, Sutton United, dan Wrexham, dan terjadi dua tahun setelah klub League One itu melaju ke final Piala Liga pada 2013.

        "Hari saat kamu melaju ke final Piala Liga, hasil yang terjadi di Villa Park itu, merupakan hari yang sangat istimewa," kata pelatih Bradford Gary Parkinson.

        "Namun hari ini, terkait dengan penampilan, tentu merupakan yang terbaik. Untuk datang ke markas pemuncak klasemen Liga Utama Inggris dan mencetak empat gol akan mengambil sesuatu untuk dikalahkan."

   Mantan pemain Chelsea
   Chelsea melakukan sembilan perubahan terhadap tim yang bermain imbang 1-1 dengan Liverpool pada pertandingan pertama semifinal Piala Liga pada Kamis, dan unggul pada menit ke-21 ketika Gary Cahill meneruskan tendangan sudut Oscar.

        Ramires mengubah skor menjadi 2-0 pada menit ke-38 setelah bermain satu-dua dengan Mohamed Salah, namun Jon Stead membalas untuk Bradford tiga menit kemudian dan mantan pemain junior Chelsea Filipe Morais menyamakan kedudukan 15 menit sebelum pertandingan usai.

        Pertandingan ulang terlihat akan harus dimainkan oleh tim yang saat ini menduduki peringkat ketujuh di strata ketiga -- terpaut 51 posisi di bawah Chelsea -- namun mereka berhasil unggul pada menit ke-82 ketika sepakan Andy Halliday masuk ke gawang Chelsea dari jarak 17 meter.

        Mourinho memasukkan Willian, Cesc Fabregas, dan Eden Hazard dari bangku pemain cadangan, namun justru Bradford yang memiliki kata-kata terakhir ketika pemain penggantinya Mark Yeates dengan tenang mengemas gol untuk mengklaim bagiannya sendiri pada cerita rakyat Piala FA.

        "Saya ulangi kata yang saya pakai sebelum pertandingan ini -- merupakan hal yang memalukan bagi tim besar untuk kalah dari tim yang kecil dari liga yang lebih rendah," kata Mourinho.

        "Kami harus merasa dipermalukan. Saya dan para pemain harus merasa dipermalukan."
   Pelatih City Manuel Pellegrini harus menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai lawatan tengah pekannya ke Abu Dhabi untuk menjalani pemusatan latihan di cuaca hangat, setelah sang juara bertahan Liga Utama Inggris disingkirkan Middlesbrough.

        Saat ini menduduki peringkat kedua di Championship, Middlebrough memberikan tekanan berat pada babak pertama sebelum memaksimalkan pertahanan buruk tuan rumah untuk unggul pada menit ke-53 melalui penyerang pinjaman dari Chelsea Patrick Bamford.

        Fernando mengirim operan ke belakang yang terlalu pendek tertuju kepada Willy Caballero dan setelah kiper City itu bertubrukan dengan Albert Adomah, Fernando berupaya membuang bola, namun bola mengenai Bamford, yang sentuhannya membuat bola masuk ke gawang.

        Setelah upaya Lee Tomlin mengenai tiang gawang untuk Middlebrough dan Frank Lampard membalas ancaman itu, pemain pengganti Kike mengunci kemenangan untuk tim tamu dengan menuntaskan serangan balik yang dipimpin oleh Bamford.

    
   Swansea tereliminasi
   "Saya tidak dapat menemukan kata-kata untuk menjelaskan perasaan saya pada hari ini," kata pelatih Middlesbrogh Aitor Karanka. "Namun saya bangga terhadap para pemain, penonton, para penggemar, staf, dan klub."
   Ketika ditanyai apakah perjalanan ke Abu Dhabi mempengaruhi hasil, Pellegrini berkata kepada BBC, "Mudah untuk memiliki alasan, namun saya tidak berpikir itulah masalahnya."
   Swansea City juga menyerah dari lawannya yang berada di level yang lebih rendah, kalah 1-3 di markas tim strata kedua Blackburn Rovers pada pertandingan di mana terjadi pengusiran terhadap dua pemain.

        Kyle Bartley mendapat kartu merah pada menit keenam akibat pelanggarannya terjadap Josh King, kemudian Swansea meraih keunggulan pada menit ke-21 ketika Gylfi Sigurdsson mencetak gol dari jarak 29 meter.

        Namun setelah Chris Taylor menyamakan kedudukan, gol-gol dari mantan pemain Cardiff City Rudy Gestede dan Craig Conway membawa Blackburn melaju, sedangkan Sigurdsson mendapat kartu merah akibat pelanggaran kerasnya dari belakang terhadap Taylor.

        Liverpool terhindar dari nasib buruk seperti yang dialami Chelsea dan City, namun mereka dipaksa memainkan pertandingan ulang oleh klub Championship Bolton menyusul hasil imbang 0-0 di Anfield.

        Pelatih Brendan Rodgers, yang mengistirahatkan kapten Steven Gerrard, melihat timnya begitu mendominasi, namun mereka tidak dapat menemukan cara untuk menaklukkan kiper Bolton Adam Bogdan.

        Alan Pardew mengakhiri kiprah mantan klubnya Southampton di Piala FA ketika tim Palace yang dilatihnya dua kali bangkit dari ketertinggalan untuk menang 3-2 di St Mary, di mana Marouane Chamakh mencetak dua gol dan penyerang pinjaman dari Arsenal Yaya Sanogo membuka rekening golnya untuk klub tersebut.

        Pada pertandingan lain yang mempertemukan dua klub Liga Utama Inggris, Leonardo Ulloa dan Jeffrey Schlupp mencetak gol pada tujuh menit terakhir ketika Leicester City memberi perlawanan untuk menang 2-1 di markas Tottenham Hotspur.

        Victor Anichebe mencetak kedua gol ketika West Bromwich Albion menang 2-1 di markas Birmingham City, sedangkan Sunderland bermain imbang 0-0 dengan Fulham.

    (H-RF)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015