Denpasar (ANTARA Bengkulu) - Sedikitnya 2.000 pelari dari Asia, Australia, Eropa, dan Afrika memastikan diri mengikuti lomba "Bali Marathon" dengan garis start dan finis di "Bali Safari and Marine Park" (BSMP), Kabupaten Gianyar, Minggu (22/4) pagi.

Kepala Divisi Komunikasi PT BII Esti Nugraheni di Denpasar, Jumat mengatakan ajang kejuaraan yang digelar oleh PT Bank International Indonesia (BII) Tbk itu terbagi dalam tiga kategori, yakni "full marathon" dengan menempuh jarak 42,195 kilometer, "half marathon" (21,0975 kilometer), dan maraton (10 kilometer).

"Semua rute berada di wilayah Kabupaten Gianyar," katanya.

Dari beberapa nama pelari profesional terdapat nama Luke Kibet, asal Kenya, yang pernah menjuarai "Singapore Marathon" pada 2008 dan 2009.

Selain itu juga ada Sue dan Andrew O'Brien, pasangan suami istri, pelari, dan motivator terkenal asal Australia. Tak ketinggalan pula pengusaha asal Indonesia Indonesia Sandiaga Uno dengan didampingi para pesohor dan mantan atlet, seperti Alya Rohali, Melanie Putria, dan Richard Sam Bera.

"Para peserta bisa mendaftarkan diri pada ajang penyelenggaraan Race Expo di Sanur Beach Hotel mulai hari ini," kata Esti.

Selain itu, bagi para penonton, selain mendapatkan suguhan dari peserta lomba lari, juga dapat menikmati hiburan dan acara menarik dari para sponsor di Race Central BSMP.

Dia menambahkan bahwa dalam penyelenggaraan Bali Marathon , BII bersama maskapai penerbangan Lion Air akan merealisasikan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dengan menggelar ajang "Berlari untuk Berbagi".

Dalam aksi sosial itu, kedua perusahaan akan membagikan bantuan pendidikan berupa peralatan olahraga dan buku-buku kepada para siswa di 17 sekolah yang berlokasi di perlintasan maraton.

Selain itu, kedua perusahaan tersebut juga menggandeng Yayasan Bumi Sehat untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada ibu hamil dan anak-anak.

"Lomba lari ini akan sangat menyenangkan karena selain mempertemukan para pelari profesional, kami juga mempertemukan masyarakat umum dalam sebuah ajang olahraga yang memberikan banyak manfaat," kata Thila Nadason selaku Project Director of Bali Marathon. (T.M038/M026)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012