Bengkulu (Antara-IPKB) - Hingga 2014, terdapat lima daerah pemerintahan kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu telah berhasil menyusun rancangan induk atau (grand design) kependudukan. Dan tahun ini segera di susun juga di tiga kabupaten.

"Daerah yang telah menyusun rancangan induk kependudukan yakni, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kepahiang, Kota Bengkulu, Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara," kata Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (DALDUK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu Iskandar kepada media di kantornya baru ini.

Sementara, untuk tahun ini akan segera disusun juga rancangan tersebut di tiga kabupaten, antara lain di Kabupaten Bengkulu Tengah, Seluma dan Kabupaten Kaur, sebutnya.

Iskandar mengatakan, dengan terdapatnya rancangan induk kependudukan di daerah itu dapat menjadikan rujukan dalam pemerintah daerah terhadap kebijakan pembangunan kependudukan. "Grand design agar dijadikan sebagai roadmap atau peta perencanaan program," kata Iskandar.

Dengan adanya roadmap itu, dapat mengatasi permasalahan pembangunan kependudukan yang menjadi hambatan pembangunan nasional.

Menurut Iskandar, mengatasi bererapa hal kependudukan, selain perlunya grand design sebagai peta perencanaan (Roadmap), BKKBN masih perlu meningkatkan dan perkuat sosialisasi, penggerakan serta meningkatkan dinamika kelompok institusi masyarakat.

Grand Design atau rancangan induk kependudukan itu untuk memberikan arah bagi pelaksanaan pembangunan kependudukan. Sehingga dapat mengintegrasikan pada Rancangan Pembangunan Daerah (RPJMD).(rs)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015