Mukomuko (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengimbau warga setempat menggiatkan pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue di wilayahnya masing-masing.

"Kami sudah sampaikan surat imbauan kepada puskesmas, kepala desa, dan camat agar menggiatkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) demam berdarah dengue (DBD)," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Syafriadi di Mukomuko, Selasa.

Menurut dia, pemberatasan sarang nyamuk ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mengantisipasi agar warga tidak terhindar dari penyakit ini.

Ia mengatakan, kadang-kadang warga itu malas untuk melakukan PSN dengan menjaga kebersihan lingkungan dan kegiatan gotong royong.

"Coba digiatkan lagi Jumat bersih dengan melakukan kegiatan gotong royong, tetapi sekarang ini jarang sekali orang yang mau melakukannya," ujarnya.

Menurut dia, pemberantasan nyamuk DBD dengan cara "Fogging Fokus" itu tidak efektif. Yang mati hanya nyamuk dewasa saat di Fogging, sedangkan jentik nyamuk DBD tetap hidup.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015