Bengkulu (Antara) - Universitas Bengkulu masuk dalam Forum Akademis Samudera Hindia atau "Indian Ocean Academic Forum" (IOAF), organisasi yang dibentuk sejumlah perguruan tinggi sebagai wadah bagi akademisi untuk mendukung program nasional "Menjadikan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia".

"Forum ini sudah digagas setahun lalu, bahkan Universitas Bengkulu menjadi salah satu penggagas," kata Rektor Universitas Bengkulu Ridwan Nurazi di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan pra-"launching" atau jelang peresmian forum tersebut, akan digelar di Universitas Bengkulu pada akhir Januari 2014 yang diikuti perwakilan 13 perguruan tinggi nasional dan akademisi dari empat perguruan tinggi dari Malaysia. Sedangkan "launching" forum tersebut direncanakan berlangsung pada Maret 2015.

Selain kalangan kampus, pertemuan jelang peresmian juga dihadiri perwakilan dari dunia usaha antara lain Kedui Resort, Yayasan Cinta Laut Mentawai dan Tiga Warna Jakarta.

Ada empat agenda yang dibahas pada pertemuan di Bengkulu yaitu menyusun anggaran dasar organisasi, pembentukan dewan wksekutif organisasi, penyusunan rencana kerja prioritas, dan penyusunan langkah strategis "launching IOAF".

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015