Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengerahkan tim khusus untuk memeriksa kesehatan hewan kurban menjelang dan pada Idul Adha 1444 Hijriah.
 
"Tim telah dibentuk dan dikerahkan untuk pemeriksaan kesehatan hewan menjelang Idul Adha dan Hari Idul Adha," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Nurwahyuni di Mukomuko, Jumat.
 
Ia menyebutkan sekitar 30 orang yang tergabung dalam tim ini yang terdiri atas masing-masing tujuh dokter hewan, tenaga medis, dan kesehatan hewan di tiga pusat kesehatan hewan.
 
Instansinya, kata dia, juga mengajak dan melibatkan penyuluh pertanian lapangan (PPL) daerah ini untuk membantu petugas peternakan dan kesehatan hewan dalam melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.
 
Sebelum tim khusus ini melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, instansinya akan menyurati camat dan kepala desa terkait dengan kegiatan tim ini.
 
Ia menjelaskan tim khusus dari instansi tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sebelum hewan disembelih dan sesudah disembelih.
 
"Pemeriksaan sebelum hewan disembelih untuk mengetahui apakah hewan kurban cacat atau tidak, sakit atau tidak, dan sudah cukup umur atau belum, karena hewan yang dikurbankan minimal dua tahun," ujarnya.
 
Setelah itu, katanya, tim melakukan pemeriksaan daging hewan kurban, apakah ada cacing hati, termasuk pemeriksaan paru hewan tersebut.
 
Selain itu, katanya, tim akan mendata jumlah hewan kurban yang disembelih saat Idul Adha 1444 Hijriah di seluruh masjid dan mushalla yang tersebar di daerah ini.
 
"Kami juga melibatkan PPL untuk mendata jumlah hewan di masjid, meskipun tidak semua hewan yang terdata karena keterbatasan petugas kita," ujarnya.

Akan tetapi, instansinya akan mendapatkan data jumlah hewan kurban dari berbagai pihak terkait, termasuk dari panitia penyelenggara kurban.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023