Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah menggencarkan promosi potensi wisata yang ada di daerah itu sehingga nantinya bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Tanah Air.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong M Budianto saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan Kabupaten Rejang Lebong memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya di Tanah Air baik berupa air terjun, hutan, gunung maupun sungai.

"Saat ini kita terus mempromosi potensi wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong melalui berbagai event seperti jelajah desa wisata melalui offroad, trail adventure, pementasan seni budaya dilokasi wisata maupun promosi melalui media massa," kata dia.

Dia menjelaskan promosi wisata tersebut penting dilakukan guna mengenalkan obyek wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sehingga mereka bisa datang ke Rejang Lebong sebagai salah satu tujuan berwisata.

"Saat ini kita sedang menggelar lomba foto wisata dan desain batik Kaganga, batik khas masyarakat Kabupaten Rejang Lebong. Lomba ini khusus untuk masyarakat Kabupaten Rejang Lebong dengan total hadiah mencapai Rp72 juta," terangnya.

Ia mengatakan pada lomba foto wisata ini akan memperebutkan total hadiah Rp36 juta, dan untuk lomba desain batik Kaganga juga sebesar Rp36 juta.

"Perlombaannya di bagi menjadi dua kategori yaitu kategori umum dan pelajar dan akan diambil tiga pemenang dari masing-masing kategori. Untuk juara 1 masing-masing kategori hadiahnya uang tunai Rp7 juta, juara 2 sebesar Rp6 juta dan juara 3 sebesar Rp5 juta," tambah dia.

Pelaksanaan lomba itu sendiri telah dimulai sejak tanggal 19 Juni hingga 2 Juli mendatang. Khusus untuk lomba foto wisata pesertanya harus menggunakan kamera DSLR atau Mirroless dan waktu pengambilan gambar pada tahun 2023 di sejumlah obyek wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023