Pihak Masjid Darussalam di Desa Medan Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada Idul Adha 1444 Hijriah membagikan sebanyak 600 kupon daging hewan kurban kepada warga di wilayah tersebut.

"Jumlah kupon daging hewan kurban yang dibagikan kepada warga pada Idul Adha tahun ini sama dengan Idul Adha tahun sebelumnya sebanyak 600 kupon," kata Kepala Desa Medan Jaya, Kecamatan Ipuh, Afrizal di Mukomuko, Kamis.

Ia menyebutkan, sebanyak 548 kepala keluarga di Desa Medan Jaya, Kecamatan Ipuh. Warga di wilayah ini pada Idul Adha tahun ini menyembelih sebanyak delapan hewan kurban yang semua jenis kerbau.

Dari sebanyak delapan ekor hewan kurban, sebanyak tujuh ekor hewan kurban di antaranya disembelih di Masjid Darussalam dan satu ekor di rumah warga.

Ia mengatakan, warga yang berkurban di Masjid Darussalam di wilayah ini ada dua cara, yakni secara kolektif atau arisan dan pribadi. Dari sebanyak tujuh hewan kurban di masjid ini, lima hewan kurban dengan sistem arisan, dan dua hewan kurban milik pribadi.

Selanjutnya pembagian hewan kurban ini, katanya, warga yang membawa kupon ke masjid dan dengan cara diantar ke rumah warga yang sudah mendapatkan kupon hewan kurban.

Ia menyatakan, pembagian daging hewan kurban ini tidak berdasarkan jumlah rumah, tetapi jumlah keluarga. Karena ada satu rumah yang terdiri dari dua hingga tiga keluarga.

Ia memastikan, semua warga di wilayah ini mendapatkan pembagian daging hewan kurban dari panitia penyelenggara pemotongan hewan kurban.

Sementara itu, jumlah hewan kurban di wilayah Kecamatan Ipuh sebanyak 127 ekor, atau lebih banyak dibandingkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko sebanyak 56 ekor.

Dari hewan kurban sebanyak 127 ekor di kecamatan ini, sebanyak 27 ekor di antaranya kerbau, 78 ekor sapi, dan 22 ekor kerbau, demikian Afrizal.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023