Rejanglebong (Antara) - Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mengembangkan pembibitan kopi di tiga kecamatan, yang nantinya akan disalurkan kepada petani untuk mengganti tanaman yang sudah tidak produktif.

"Program pembibitan kopi jenis arabika ini dilaksanakan di tiga kecamatan dengan lahan seluas tiga hektare," kata Kepala Dishutbun Rejanglebong, Dharmansyah di Rejanglebong, Jumat.

Ia menyebutkan tiga kecamatan yang menjadi lokasi pembibitan kopi yakni Kecamatan Bermani Ulu Raya, Kecamatan Sindang Dataran dan Kecamatan Selupu Rejang," 

Bibit kopi yang dihasilkan nantinya, kata dia, akan dibagikan kepada petani kopi di daerah itu, sebagai pengganti tanaman kopi yang sudah tidak produktif lagi dengan harapan kedepannya produksi kopi yang dihasilkan daerah itu dapat meningkat dari tahun-tahun sebelumnya dan menjadikan kopi sebagai komoditas andalan Kabupaten Rejanglebong.

Saat ini perkebunan kopi di daerah itu tambah dia, mencapai 23.656 hektare dengan produksi per tahun lebih dari 100.000 ton. Luasan perkebunan kopi rakyat itu tersebar di 15 kecamatan yang terdiri dari 23.383 hektare jenis kopi robusta dan 273 hektare jenis kopi arabika.

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015