Rejanglebong (Antara) - Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan dalam dua kecamatan di Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu, saat ini terancam putus, menyusul longsor yang terjadi di daerah ini.

Kondisi ruas jalan itu, Selasa, terdapat sejumlah titik longsor yang terdapat di kawasan jalan lintas penghubung antarprovinsi tersebut, di antaranya dua titik di Kecamatan Binduriang tepatnya di Desa Simpang Beliti dan Desa Taba Padang, kemudian di Desa Taktoi dan Desa Muara Talita Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Satu unit alat berat diturunkan Dinas PU Rejanglebong, untuk membesihkan material longsoran yang sudah menimbun jalan tersebut sejak 20 Februari lalu.

Menurut Munandar (54), warga Desa Taktoi, longsor yang terjadi daerah itu akibat hujan deras yang terjadi dalam sepekan ini.

Hujan deras itu, telah mengikis tebing yang berada di atas jalan lintas, akibatnya material longsoran berikut batang pohon karet dan jenis tanaman lainnya menutupi jalan tersebut.

"Tanah dan batang pohon karet serta aren roboh menimbun jalan, walaupun saat kejadian sudah dibersihkan warga bersama dengan perangkat desa dan kepolisian, namun tidak bisa selesai cepat karena peralatan yang digunakan hanya cangkul dan sekop. Jalan ini baru bisa dilewati sepenuhnya setelah datang alat berat dari Pemkab Rejanglebong," ujarnya lagi.

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015