Mukomuko (Antara) -  Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupatan Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun ini akan memberikan bantuan peralatan pemecah es kepada enam pedagang pengumpul ikan di daerah itu.

"Tahun ini akan dibeli sebanyak enam unit alat pemecah es atau 'ice kruser' dengan sasaran enam pedagang pengumpul ikan," kata Kabid Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Rosdin Efendi, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, bantuan peralatan pemecah es itu untuk memudahkan pedagang pengumpul di daerah dalam melakukan proses pengolahan ikan hasil tangkapan nelayan setempat.

Selain itu, katanya, diharapkan dengan peralatan tersebut kualitas ikan tangkapan nelayan setempat yang diawetkan dan diekspor ke luar daerah itu menjadi lebih baik.

Menurut dia, berbeda jika es yang digunakan untuk pengawet ikan itu dipecahkan dengan cara manual. Hasil esnya justru lebih kasar dan tidak merata.

"Kalau menggunakan peralatan pemecah es, ikan yang diawetkan lebih tahan lama dan masih baik saat diekspor ke luar daerah ini," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015