Pemerintah Kabupaten Seluma menggelar festival di objek wisata Air Terjun Napal Jungur, Kecamatan Lubuk Sandi, Seluma Bengkulu, Selasa.

Pada festival Napal Jungur ini, Pemkab Seluma menggelar masak 1.000 batang lemang. Lemang sendiri adalah identitas adat Suku Serawai yang digunakan saat akan bertunangan. 

Bupati Seluma, Erwin Octavian menyampaikan, Festival Napal Jungur dilakukan dengan memasak 1.000 lemang. Ini merupakan salah satu bentuk promosi wisata daerah melalui festival. 

Baca juga: Lemang jadi idola masyarakat saat Ramadhan
Baca juga: Bengkulu Selatan kembangkan destinasi wisata kuliner khas

"Dengan 1.000 lemang ini kita menginginkan wisata ini lebih dikenal. Festival ini juga untuk membangkitkan geliat ekonomi masyarakat pelaku UMKM," kata Erwin. 

Ia menambahkan, sebelumnya sejumlah festival dalam kalender ajang telah digelar. Beberapa di antaranya satu malam di Lubuk Resam, Festival Bendungan, Festival Wisata Cemoro Sewu, Festival Nasi Jambar dan Festival Gindu Cucur. 

Baca juga: Lomba "Lemang Tapai" lestarikan kuliner tradisional
Baca juga: Lemang masih menjadi penganan favorit warga Bengkulu

"Festival ini tujuannya untuk melakukan promosi daerah. Baik itu wisata, budaya dan kearifan lokal masyarakat," katanya. 

Sementara itu, saat ini objek Wisata Napal Jungur juga telah menyediakan homestay bagi para wisatawan yang akan menginap di lokasi wisata tersebut.

Pewarta: Sepriandi

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023