Kepolisian Resor Mukomuko, Bengkulu, bersinergi dengan Kodim 0428/Mukomuko dan masyarakat setempat melaksanakan gerakan kebersihan pantai di daerah ini.
 
Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto di Mukomuko, Kamis, mengatakan, kegiatan membersihkan pantai tersebut masih dalam rangkaian HUT Bhayangkara yang ke-77 tahun.
 
"Kita masih rangkaian HUT Bhayangkara, kita melaksanakan membersihkan sampah di pantai bersama masyarakat dan teman-teman dari Kodim 0428," ujarnya.

Baca juga: Polres Mukomuko maksimalkan personel amankan Pemilu 2024
 
Ia mengatakan, kegiatan kebersihan pantai ini dilaksanakan oleh polres dan polsek di sembilan titik yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.
 
Untuk Polres dan Polsek Kota Mukomuko melaksanakan kegiatan ini di Pantai Pandan Wangi, sedangkan polsek di wilayah terdekat dengan wilayah hukumnya masing-masing.
 
Ia mengatakan, kegiatan kebersihan pantai ini selain dilaksanakan oleh Polres Mukomuko dan jajaran, kegiatan yang sama dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.
 
"Kita menentukan lokasi kegiatan ini seperti tempat objek wisata yang kebersihannya belum optimal," ujarnya.
 
Kepolisian Resor Mukomuko sebelumnya juga telah melaksanakan kebersihan di permukiman penduduk dan rumah ibadah.

Baca juga: Polres Mukomuko: Aktifkan pos kamling jelang pemilu
 
Selanjutnya, ia mengajak, seluruh masyarakat Kabupaten Mukomuko menjaga kebersihan lingkungan agar terlihat indah dan asri, serta memanfaatkan lahan kosong untuk penghijauan lingkungan.
 
Ia menambahkan, hari ini institusinya selain melakukan kegiatan kebersihan pantai serta memberikan bantuan bangunan tempat mandi, cuci, dan kakus (MCK) untuk satu keluarga warga yang kurang mampu di Kecamatan Air Manjuto.
 
Komandan Distrik Militer 0428/Mukomuko Letkol Inf Andri Suratman mendukung kegiatan kebersihan pantai karena pantai fasilitas umum yang digunakan masyarakat umum untuk dijadikan tempat wisata.
 
"Kalau pantai kotor jadi risih, maka perlu kita jadi pioner, menjadi contoh, selanjutnya menjadi kebiasaan," ujarnya.
 
Selanjutnya, ia mengajak, masyarakat menjaga kebersihan pantai agar ke depan Mukomuko dengan potensi objek wisata yang ada ini menjadi sektor diandalkan," ujarnya.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023