Mukomuko (Antara) - Pejabat Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan, PT Sejahtera Sentosa Sejati pabrik kelapa sawit di daerah itu telah menyelesaikan pembangunan kolam limbahnya yang bocor.

"Perusahaan telah selesai membangun kolam limbahnya yang bocor. Kini pabrik kelapa sawit perusahaan itu boleh kembali beroperasi," kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Mukomuko Risber A Razak di Mukomuko, Selasa.

KLH setempat sebelumnya menghentikan aktivitas PT Sejahtera Sentosa Sejati (SSS) mengolah minyak mentah sawit karena kolam limbah pabrik perusahaan itu bocor dan masuk ke sungai di Desa Bumi Mulya.

Ia mengatakan, perusahaan boleh beroperasi kembai setelah mendapatkan persetujuan dari bupati setempat.

Karena itu, lanjutnya, perusahaan sudah memperbaiki kerusakan kolam limbahnya. Selain itu perusahaan juga telah menaburkan sebanyak 5.000 ikan lele di sungai di Desa Bumi Mulya mengganti ikan mati di sungai tersebut.

Perusahaan juga, katanya, sudah membayar ganti rugi ikan di kolam warga setempat yang mati akibat limbah pabrik kelapa sawit perusahaan itu.

"Tidak ada masalah lagi dengan perusahaan itu. Apa yang menjadi tuntutan warga sudah dipenuhi oleh perusahaan tersebut," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015