Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar Festival Tabut selama 19-29 Juli 2023 dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriah di daerah tersebut.
 
"Kita sudah berada pada 1 Muharam 1445 Hijriah. Maka masyarakat Bengkulu sebagai masyarakat yang berbudaya sekaligus religius menampilkan Festival Tabut secara rutin tahunan dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriah," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat membuka Festival Tabut 2023 di Bengkulu, Selasa.

Baca juga: Festival Tabut Bengkulu tampilkan kolaborasi budaya kesenian Nusantara
 
Ia mengatakan Festival Tabut Bengkulu sebagai agenda tahunan. Pada 2023, festival budaya tersebut sudah masuk dalam kalender nasional, Karisma Event Nusantara 2023.
 
Dia mengharapkan Festival Tabut dapat menjadi kegiatan yang menyemarakkan masyarakat Bengkulu dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke provinsi berjuluk "Bumi Raflesia" tersebut.
 
"Alhamdulillah pada Festival Tabut kali ini Bengkulu kedatangan tamu dari mana-mana, dari provinsi-provinsi tetangga," kata Rohidin.
 
Pelaksanaan Festival Tabut identik dan tidak lepas dari alat musik 'Doll' dan bangunan Tabut yang dibuat langsung Keluarga Kerukunan Tabut di Kota Bengkulu.
 
Pembukaan Festival Tabut diawali ritual Pamit Raja Agung, yakni Gubernur Provinsi Bengkulu yang merupakan sebuah tradisi dilakukan Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) sebelum memulai ritual pengambilan tanah atau 'Ambik Tanah'.

Baca juga: Sandiaga Uno harap Festival Tabut Bengkulu dorong ekonomi nasional
 
Usai melakukan pamit terhadap Raja Agung, KKT Bencoolen melakukan pengambilan tanah di Gerga Tabut Imam Berkas Kota Bengkulu. Prosesi pengambilan tanah bukan dilakukan di makam keramat, melainkan mengambil tanah yang bersih dan tidak kotor.
 
Prosesi pengambilan tanah untuk mengingatkan seluruh umat manusia bahwa manusia akan meninggal dan tidak ada yang abadi.
 
Dalam rangkaian Festival Tabut juga ada beberapa upacara dan pergelaran seni budaya. Pada hari terakhir akan digelar arak-arakan bangunan tabut dengan nama prosesi Tabut Tebuang.

Pada festival, berbagai aktivitas ekonomi juga berlangsung, ratusan stan bazar yang mempromosikan berbagai produk juga ada di lokasi festival.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023