Bengkulu (Antara-IPKB) - Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Sumardi dalam sambutan pada pembukaan KIE Kreatif dan dialog publik tentang kependudukan di Bengkulu mengatakan, upaya mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas harus diawali dengan langkah pembinaan terhadap generasi muda. 

Dialog publik pada Rabu 18/3, diikuti sebanyak 600 orang remaja pelajar dan mahasiswa di Bengkulu. Tampak hadir, Anggota Komisi IX DPR RI, Susi Marleny Bachin, Kepala BKKBN Bengkulu serta beberapa pejabat Pemprov dan BKKBN. 

"Yang paling penting terhadap pembangunan SDM adalah pembinaan secara berkesinambungan terhadap generasi muda," ujarnya dihadapat ratusan remaja yang tergabung dalam Generasi Berencana (GenRe) BKKBN.

Sehingga generasi muda dapat diarahkan untuk memiliki rencana dalam mengarungi kehidupan yang lebih baik, dan akhirnya akan terciptanya generasi emas yang siap meneruskan pembangunan, kata Sumardi.
Ia mengatakan, untuk menciptakan generasi emas itu perlu dibekali dengan pendidikan,agar dapat menunda perkawinan diusia muda.

Menurut dia, untuk mencapai hal demikian itu, maka pemerintah perlu bersatu padu untuk menyamakan kebijakan dalam pelaksanaan pembangunan kependudukan.

BKKBN dengan program pembinaan remaja yani generasi berencana (GenRe) merupakan langkah strategis percepat terciptanya generasi emas, ujar Sumardi. 

Dewasa ini, diketahui, masih banyaknya permasalahan kependudukan pada sektor remaja, yakni persoalan pernikahan dini, narkoba. Strategi dalam mencegah persoalan tersebut diperlukan peningkatan taraf pendidikan serta penyiapan lapangan kerja.(rs)

Pewarta: Oleh Idris

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015