Mukomuko,  (Antara) - Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta PT Pertani menyediakan benih padi untuk petani di daerah itu.

"Kami akan koordinasikan dengan PT Pertani. Kalau bisa jual benih padi langsung ke kelompok tani," kata Kabid Pertanian Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Hari Mastaman, di Mukomuko, Jumat.

Hari mengatakan itu setelah menerima informasi kalau petani setempat mengeluh kesulitan mendapatkan benih padi di toko pertanian di daerah itu.

Ia mengatakan, seharusnya di toko pertanian selalu menyediakan benih padi, karena benih padi yang mereka jual itu nonsubsidi.

"Masa` semua toko pertanian tidak ada yang menjual benih padi. Kemungkinan masih ada toko pertanian yang menjual benih padi," ujarnya.

Kecuali benih padi subsidi, katanya, dalam tahun ini belum ada di daerah itu. Namun instansinya tetap mengusulkan benih padi subsidi ke pemerintah pusat.

Petani di Desa Sungai Ipuh saat ini kesulitan mendapatkan benih padi di sejumlah toko pertanian yang tersebar di daerah itu.

"Kami sudah mencari benih padi di Kecamatan Penarik sampai Lubuk Pinang, tetapi tidak ada toko pertanian yang menjual," kata Barlian, petani Desa Sungai Ipuh.

Ia mengatakan, petani di wilayahnya membutuhkan benih padi untuk persiapan memasuki musim tanam padi sawah pertama tahun 2015. �

Karena, katanya, sekitar seluas 1.500 hektare sawah di irigasi Air Payang I, Air Payang II, dan Selagan Kecil, baru selesai panen.***3***


Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015